SMA Trimurti Surabaya Wakili Indonesia di Konferensi Internasional BLCU Beijing

Surabaya, wartapolri.com- SMA Trimurti Senior High School (SMA Trimurti) akan mewakili Indonesia bersama dengan enam sekolah dan kampus lainnya dalam acara Beijing Language and Culture University (BLCU) International Conference for Multi-University. Acara ini akan berlangsung di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dari tanggal 8 hingga 12 Juli 2024.

Kepala SMA Trimurti, Bpk Syarif Andri Setiawan, S.Kom, pada Jumat (5/7/2024), menyatakan bahwa partisipasi dalam konferensi ini bertujuan untuk mendorong kerjasama, saling pengertian, dan kolaborasi antara lembaga pendidikan dari berbagai negara. Selain itu, konferensi ini juga menjadi pijakan untuk membuka mata pelajaran bahasa Mandarin di SMA Trimurti.

“Sebagai bagian dari program Trimurti Senior High School, dan meningkatkan kompetensi internasional, dan global bagi siswa, kami mulai tahun ini, mengadakan mata pelajaran bahasa Mandarin, bekerja sama dengan Universitas Widya Kartika. Agar pembelajaran ini, bisa menjadi sesuatu yang bisa melanjutkan karirnya siswa, atau melanjutkan pendidikannya, maka kami mencoba, untuk mengembangkan wawasan internasional ini, dengan bekerja sama dengan lembaga-lembaga dari luar negeri. Bila dalam kaitannya bahasa Mandarin ini, kami juga mendapat undangan dari BLCU international di Beijing,” Ujar Pak Syarif Andri Setiawan, S.Kom.

Caesy Hermalitia, seorang siswi SMA Trimurti, mengungkapkan keinginannya untuk memperdalam bahasa Mandarin sesuai dengan rekomendasi orang tuanya. “Karena awalnya, saya tertarik dengan bahasa Mandarin, karena dari rekomendasi orang tua saya, yang katanya, kalau mau melamar di bidang kerja apa saja itu, kita bisa menunjukkan bakat dengan bisa berbahasa Mandarin,” ucapnya.

Selain pembelajaran Bahasa Mandarin di kelas, SMA Trimurti juga menawarkan program Summer Camp dan Winter Camp ke RRT. Program ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk merasakan langsung kehidupan dan budaya Tiongkok serta memperkaya pemahaman mereka melalui pengalaman langsung. Diharapkan partisipasi dalam program ini dapat memperkuat keterampilan bahasa dan memperluas wawasan internasional siswa.

Partisipasi SMA Trimurti dalam konferensi ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kerjasama internasional sekaligus menegaskan posisi SMA Trimurti Senior High School sebagai sekolah unggulan berwawasan Internasional, khususnya dengan RRT sebagai salah satu negara terkemuka di bidang pendidikan dan teknologi. Perlu diketahui, bahwasanya Konferensi Internasional BLCU Beijing ini dihadiri oleh pimpinan sekolah dan lembaga pendidikan dari 26 negara dan disuport langsung pemerintah setempat.

Mungkin Anda Menyukai