Kapolri: Soliditas Polri Menjadi Kunci Sukses dalam Pelayanan Masyarakat

Jakarta, Wartapolri.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menekankan pentingnya menjaga soliditas Polri di tengah persepsi negatif sebagian masyarakat terhadap kinerja institusi tersebut.

Kapolri mengatakan hal ini dalam acara serah terima jabatan (sertijab) Wakapolri dari Komjen Gatot Eddy Pramono kepada Komjen Agus Andrianto di Gedung PTIK Polri, pada Senin (3/7/2023).

“Dengan soliditas, apapun masalah yang dihadapi, pasti bisa kita atasi. Namun, sebaliknya, bahkan kerikil sekalipun dapat menjatuhkan kita,” ujar Kapolri.

Kapolri juga mengingatkan jajaran Polri bahwa Indonesia telah memasuki masa persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Soliditas Polri menjadi hal yang sangat penting dalam menghadapi masa-masa tersebut.

“Kita akan segera memasuki tahapan inti Pemilu 2024. Pak Presiden telah menyampaikan pesan terkait teori sapu lidi. Jika kita bersatu, bersih, dan kuat, maka kita dapat menghadapi segala tantangan. Namun, jika kita berdiri sendiri, kita menjadi rentan,” ungkap Kapolri.

Kapolri berharap Polri semakin solid di bawah kepemimpinan Komjen Agus sebagai Wakapolri yang baru. Menurut Kapolri, dengan kekompakan dan rasa cinta terhadap institusi, Polri dapat melewati segala macam isu baik dari internal maupun eksternal.

“Kita akan dihadapkan dengan berbagai macam isu baik dari internal maupun eksternal, namun dengan soliditas dan kekompakan, kita dapat menghadapinya satu per satu, dan kenyataannya, dengan soliditas tersebut, kita mampu melewati segala badai,” ujar Kapolri.

Kapolri juga menyampaikan apresiasi terhadap Komjen Agus sebagai Wakapolri baru. Kapolri mengakui jejak rekam prestasi Agus di bidang reserse, termasuk pengungkapan kasus-kasus nasional seperti investasi ilegal TPPO dan Satgas BLBI.

Kapolri juga menyampaikan harapannya agar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri dapat meningkat. Saat ini, Polri berada di posisi keempat dalam tingkat kepercayaan publik, setelah sempat berada di posisi yang lebih rendah.

“Kuncinya adalah dengan memperbaiki kualitas pelayanan kita dan bersikap terbuka terhadap kritik. Inilah yang akan membuat kita bangkit kembali,” ungkap Kapolri.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri juga mengajak seluruh anggota Polri untuk terus mengutamakan profesionalisme dalam menjalankan tugas. Kapolri menekankan pentingnya menjaga integritas dan loyalitas terhadap institusi demi mewujudkan Polri yang lebih baik.

Dengan serah terima jabatan ini, diharapkan Komjen Agus Andrianto dapat melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Wakapolri dengan baik. Polri sebagai institusi penegak hukum harus tetap berada pada garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta memberikan pelayanan yang terbaik.

Mungkin Anda Menyukai


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u3568219/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:35 Stack trace: #0 /home/u3568219/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u3568219/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u3568219/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 35