Antisipasi Pengaruh Faham Radikal, Dir. Polda NTB & Kapolres Dompu Sosialisasi Faham Intoleransi di Pondpes Al- Mubarok Pajo

Wartapolri.com.Dompu.NTB.Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda NTB bersama dengan Polres Dompu menggelar kegiatan Sosialiasi Paham Intoleransi Radikalisme, Terorisme dan Anti Pancasila di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Rabu (26/07/2022) pukul 09.00 wita.

Hadir dalam Kegiatan Tersebut Direktur Binmas Polda NTB Kombes Pol Dessy Ismail, S.I.K, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K Wadir Binmas AKBP Zamroni, S.ag, Kasubdit Bintibsos AKBP I Wayan Arsika, Kasat Binmas Polres Dompu AKP Zaelani, dan Personil, Pejabat Kemenag Kabupaten Dompu, Pimpinan Ponpes serta Santri dan Santriwati Ponpes Al Mubarok Pajo.

Sedangkan Jumlah anggota Ponpes yang mengikuti kegiatan Sosialisasi dari Santri dan Santriwati Al-Mubarok sebanyak 50 orang

Kegiatan diawali dengan laporan singkat dari Kasat Binmas Polres Dompu kepada Direktorat Binmas Polda NTB serta di lanjutkan dengan pembacaan Surat Suci Al-Quran seusai itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pimpinan Ponpes Al Mubarok mengatakan ucapan terimakasih Kepada Direktorat Binmas Polda NTB dan rombongan atas kunjungan serta kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Ponpes Al Mubarok serta diharapkan kepada peserta agar mendengarkan serta dapat dipahami materi yang disampaikan sehingga kedepannya dapat dijadikan bekal agar tidak terpapar paham Radikalisme dan lainnya.

Selanjutnya, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sangat penting terutama kepada masyarakat terutama kepada pelajar sehingga memahami dan mencegah paham Radikalisme dan anti Pancasila kepada masyarakat Kabupaten Dompu.

“Faktor penyebar seseorang terpapar paham Radikalisme, Intoleransi , Terorisme dan lainnya pemahaman agama yang tidak sempurna, Kemiskinan, kurangnya edukasi, kesenjangan Sosial, Rasa Putus Asa dan anti demokrasi serta empati yang besar terhadap medsos di luar dan didalam negri dan maraknya arus globalisasi. Mari kita bahu membahu mencegah paham Radikalisme, Intoleransi, terorisme dan Anti Pancasila di wilayah Kabupaten Dompu khususnya, NKRI pada umunya dan menjaga 4 Pilar Bangsa Indonesia”, Ucap Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K.

Sementara Direktorat Binmas Polda NTB Kombes Pol Dessy Ismail , S.I.K saat menyampaikan Sosialisasinya mengatakan bahwa cara yang paling efektif untuk deradikalisasi yaitu dengan pendidikan dan pembinaan yakni meluruskan pemahaman yang salah dengan pendekatan Keilmuan dan keimanan.

“Posisi Pendidikan sebagai pondasi rumah Deradikalisasi maka pendidikan harus menawarkan konsep-konsep yang moderat, pendekatan yang soft, terutama yang berkaitan dengan Relasi Negara dan agama. Deradikalisasi yang intinya mengembalikan mereka ke jalan yang lurus. Karena terlepas dari sikap sikap radikal yang dilakukan, mereka adalah bagaian dari kesatuan social”, ungkap Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol Dessy Ismail, S.I.K. paparnya saat di temui awak media kemarin siang di tempat sosialiasi tersebut.

Hal Senada, Ditambkan oleh Wadir Binmas Polda NTB AKBP Zamroni, S.Ag mengatakan bahwa pancasila mengadum nilai-nilai yang sangat cocok untuk kehidupan masyarakat Indonesia serta menjungjung tinggi sikap menghormati dan menghargai atar agama dan budaya.
“Kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk mengedepankan persoalan keamanan dan ketertiban masyarakat dan melaksanakan pendekatan yang lunak dan komprehensif dan pencegahan terkait dengan isu terorisme, Radikalisme, Intoleransi dan Anti Pancasila saat ini”, pungkasnya. Jurnalis, Kepala Rdw/ddo.

Mungkin Anda Menyukai