Bupati Sumba Barat Lantik Yeremia Ndapa Doda Sebagai Sekda Definitif

Waikabubak, wartapolri.com – Setelah melalui seleksi selama kurang lebih satu bulan, Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, SH., akhirnya melantik Yeremia Ndapa Doda, S.Sos., sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) definitif.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Sekda Definitif tersebut dilakukan oleh Bupati Yohanis Dade yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Sumba Barat, Sabtu (25/06/2022) pagi.

Pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor : BKPSDM 821.2 / 140 / 12 / 6 / 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Eselon II-A) di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Sumba Barat.

Dalam sambutannya, Bupati atas nama pemerintah Kabupaten Sumba Barat menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada pejabat yang saja dilantik selaku Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah.

Bupati Yohanis Dade menyampaikan bahwa Sekretaris Daerah definitif yang baru dilantik ini menggantikan Penjabat Sekda yang menjabat selama 2 (dua) tahun kekosongan Sekda definitif.

“Jabatan Sekda ini adalah jabatan strategis yang membawahi semua OPD. Saya berharap agar Sekda yang baru dilantik untuk beradaptasi dengan kondisi jabatan definitifnya,” ujar Bupati Yohanis Dade.

“Peran seorang Sekretaris Daerah tidak hanya mengemban langkah konsolidasi secara internal, namun juga harus mampu menangkap denyut dan psikologis masyarakat,” tukasnya.

Bupati juga meminta agar Sekda bergerak cepat melakukan koordinasi dengan OPD dan Forkopimda agar bisa bersinergi membangun Kabupaten Sumba Barat.

Segera membangun dan sinergi dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dan berkoordinasi dengan lembaga lain terutama dengan lembaga yang dipimpin para Forkopimda,”

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga itu, mengingatkan bahwa dalam bekerja tidak hanya mengandalkan kecerdasan individual, dan kemampuan intelektual, tetapi harus bekerja dengan mata hati.

“Harapan saya, saudara memiliki tanggung jawab, saudara memiliki amanah, dan saudara sudah bersumpah dihadapan Tuhan yang menciptakan saudara, maka pegang amanah itu, pegang sumpah janji itu, dapat untuk menjadi teladan, menjadi contoh untuk seluruh ASN, memiliki disiplin, dedikasi, dan tanggung jawab,” ucapnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut para Staf Ahli dan Asisten pada Sekretaris Daerah, para Kepala OPD, Kejari Sumba Barat, Ketua Pengadilan Agama Waikabubak, Kasdim 1613/SB, Kapolres Sumba Barat yang diwakili oleh Kasat Samapta, serta dua saksi, yakni Sekda Sumba Timur Domu Warandoy, SH, M.S.i., dan Sekda Sumba Tengah Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si.

Penulis : Anton Gallu

Mungkin Anda Menyukai