Cak Lawyer: Keluarga Harus Menjadi Garda Terdepan Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Surabaya – Achmad Fatoni, SH Managing partner Kantor Hukum Pandawa Nusantara atau yang dikenal dengan Cak Lawyer, menjadi narasumber workshop DPRD Jawa Timur yang diadakan oleh Pak Blegur Prijanggono, SH selaku Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur fraksi Golkar. Tema workshop tersebut adalah penguatan peran keluarga sebagai pondasi awal gerakan anti narkoba, dengan Sub Materi “Ancaman Pidana Narkotika & Peran Keluarga sebagai Pondasi utama Gerakan Anti Narkotika”

Dalam pemaparannya, Cak Lawyer menjelaskan bahwa narkoba merupakan kejahatan luar biasa yang dapat merusak segalanya, baik jiwa raga, finansial, dan sosial masyarakat. Selain itu, ancaman pidananya juga tidak main-main, yaitu maksimal hukuman mati.

“Keluarga harus benar-benar menjaga keluarganya dari bahaya laten narkoba ini, sebab bisa merugikan individu, keluarga, dan masyarakat,” kata Cak Lawyer dalam keterangannya, Minggu (24/9/2023) di Hall Room Hotel Mercure Surabaya

Cak Lawyer menjelaskan bahwa para korban penyalahgunaan narkoba biasanya berawal dari pemberian teman, kemudian ketagihan dan membeli bersama teman, selanjutnya membeli dengan uang sendiri, selanjutnya membeli lagi dengan uang pinjaman, lalu sudah tidak bisa beli karena tidak ada uang, mereka para penyalahgunaan narkoba bisa terjebak melakukan tindak kriminal, seperti pencurian, perampokan, dan lain-lain.

“Oleh karena itu, lindungi keluarga kita dengan edukasi yang matang,” kata Cak Lawyer.

Cak Lawyer menyarankan agar edukasi tentang bahaya narkoba diberikan melalui pendidikan formal dikolaborasikan dengan pendidikan spiritual, seperti mengaji dan dipondokkan. Hal ini agar keluarga dapat mengetahui bahaya narkoba dari segi keilmuan umum dan agama.

“Dengan begitu, diharapkan bisa membentengi dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” kata Cak Lawyer.

Cak Lawyer juga mengingatkan bahwa keluarga harus selalu waspada terhadap tanda-tanda penyalahgunaan narkoba, seperti perubahan perilaku, penurunan prestasi, dan lain-lain. Jika ada tanda-tanda tersebut, keluarga harus segera mengambil tindakan.

“Jangan menunggu sampai parah,” kata Cak Lawyer.

Workshop DPRD Jawa Timur ini diikuti oleh anggota DPRD Jawa Timur, yakni Bpk Blegur Prijanggono, SH dari Fraksi Partai Golkar. tokoh masyarakat, dan perwakilan organisasi masyarakat. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba dan pentingnya peran keluarga dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Mungkin Anda Menyukai


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u3568219/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:35 Stack trace: #0 /home/u3568219/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u3568219/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u3568219/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 35